Microeconomics Review: Mengulang-ulang ‘Kaji Lama’ soal Microeconomics

Pembelajaran mikroekonomi ini lebih kepada upaya untuk menginternalisasi ilmu ekonomi, yang saya rasa apa yang saya terima selama kuliah masih didominasi oleh kesan formalitas (saya yang salah … hiks T_T). Padahal cabang ilmu ekonomi penting untuk membantu berfikir logis namun praktis dalam memecahkan masalah kehidupan manusia yang kompleks. Dari sisi kita-nya, paling tidak sangat membantu kita mengambil keputusan praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Buku text yang digunakan masih tetap Microeconomicsnya Pindyck & Rubinfeld, namun untuk edisi ke 9 masi dari tebitan Pearsons (dulu selama kuliah menggunakan edisi ke 7). Meskipun nantinya slide ringkasan (yang dibuat berdasarkan edisi 7) juga akan digunakan untuk mendapat kan simlifikasi bila diperlukan. Metode pembelajaran kali ini saya akan menuangkannya ke dalam catatan, atas apa yang telah saya baca per bab. Yang nantinya juga akan menjadi bahan pengisi blog.

micropindyck

Buku ini terdiri atas 19 bab, yang tersebar pada empat bagian besar. Empat bagian besar tersebut meliputi:

  1. Pendahuluan: Pasar dan Harga. Bagian pertama ini terdiri dari dua bab. Di sini kita akan dikenalkan tentang pengenalan ilmu ekonomi. Dimana Mikroekonomi merupakan salah satu cabang, sementara cabang yang lain adalah Makroekonomi. Di sini juga akan dikenalkan mengenai dasar-dasar teori permintaan dan penawaran yang saling berinteraksi dan menciptakan pasar.
  2. Produsen, Konsumen, dan Pasar Persaingan (kompetitif). Pada bagian ini akan dibahas secar lebih mendalam terkait perilaku produsen dan konsumen hingga membentuk pasar. Pembahasan bagian ini jarang ditemui di dunia nyata. Namun menjadi penting sebagai acuan sebelum membahas struktur pasar yang tidak sempurna, yang akan dibahas pada bagian ke tiga. Bagian terdiri atas 7 Bab, meliputi: (1) Consumer Behavior; (2) Individual and Market Demand; (3) Uncertainty and Consumer Behavior; (4) Production; (5) The Cost of Production; (6) Profit Maximization and Competitive Supply; dan (7) The Analysis of Competitive Markets.
  3. Struktur Pasar dan Strategi Persaingan. Melanjutkan pembahasan bagian sebelumnya, di sini akan dibahas mengenai fenomena pasar yang terbentuk yang kurang lebih dijumpai dalam dunia nyata. Bagian ketiga ini tediri atas 6 Bab, meliputi: (1) Market Power: Monopoly and Monopsony; (2) Pricing with Market Power; (3) Monopolistic Competition and Oligopoly; (4) Game Theory and Competitive Strategy; (5) Markets for Factor Inputs; (6) Investment, Time, and Capital Markets.
  4. Bagian terakhir adalah Informasi, Kegagalan Pasar, dan Peran pemerintah. Pada bagian ini akan dibahas faktor-faktor yang ikut ambil bagian ketika pasar bekerja. Salah satunya adalah pembahasan mengenai asymentric information yang juga bertanggung jawab atas terjadinya ketidak-sempurnaan pasar, sebagaimana dibahas pada bagian-bagian sebelumnya. Bagian ini terdiri atas 4 bab, meliputi: (1) General Equilibrium and Economic Efficiency; (2) Markets with Asymetric Information; (3) Externalities and Public Goods; (4) Behavioral Economics.

Mudah-mudahan catatan review terhadap buku ini bisa bermanfaat bagi diri saya, mauapun para pembaca blog ini secara umum. []

Ditulis oleh Muhammad Abduh; Penikmat Data (Science), menyukai isu-isu ekonomi dan pembangunan.


Tulisan ini adalah opini pribadi penulis. Segala kesalahan ataupun komplain, maka hal tersebut adalah tanggung jawab penulis pribadi. Tujuan dari penulisan naskah ini adalah untuk kepentingan pembelajaran prbadi. Penulis berharap postingan-postingan dalam blog ini bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Dan akan sangat mengapresiasi bagi siapapun yang melakukan pengutipan (sitasi), mencatumkan URL (link) laman terkait. Protes atau kritik terkait tulisan ini bisa disampikan melalui komen/email onsetoutset@gmail.com}

Tinggalkan komentar